Minggu, 10 Mei 2015

Cara merakit PC dan cara permasalahannya

– Persiapan
Persiapkan terlebih dahulu komponen-komponen yang diperlukan untuk melakukan perakitan komputer. Lakukan perakitan di tempat yang dimana anda merasa leluasa untuk bergerak sehingga tidak mengganggu aktifitas anda.
– Proses Perakitan
Memulai perakitan komponen-komponen komputer dengan memasang satu persatu hardware yang diperlukan.
– Pengujian
Saat proses perakitan telah terselesaikan, maka tahap selanjutnya adalah pengujian. Pada tahap ini komputer yang selesai dirakit akan dihidupkan dan dioperasikan. Jika pengoperasian berjalan normal maka proses perakitan telah selesai, namun apabila ternyata terjadi masalah maka dilanjutkan pada proses yang selanjutnya, yaitu menangani masalah yang terjadi.
– Penanganan Masalah
Pada tahap ini komputer yang selesai dirakit ternyata mengalami masalah (troubleshoot). Hal tersebut bisa disebabkan oleh proses instalasi atau penempatan komponen yang kurang tepat. Oleh sebab itu diperlukan penanganan lebih lanjut agar komputer bisa beroperasi dengan normal.

Mainboard Manual Diagram Instruction  

– Persiapan.
Persiapan sebelum merakit komputer antara lain adalah:

a. Menyiapkan komponen-komponen perangkat keras.
Persiapkan semua komponen tersebut kemudian letakkan di tempat yang mudah terjangkau. Cek terlebih dahulu semua komponen-komponen perangkat keras (disesuaikan dengan tipenya) dan jangan sampai salah spesifikasi. Sebagai contoh mainboard yang mendukung slot DDR3 hanya bisa ditempatkan oleh memori dengan tipe DDR3 pula.

b. Buku manual perakitan
Biasanya setiap komponen menyertakan buku manualnya. Buku manual ini jangan sampai hilang sebagai bahan referensi pemasangan/instalasi komponen perakitan komputer.

c. Peralatan yang digunakan untuk merakit komputer
Persiapkan semua alat-alat yang diperlukan untuk merakit, misalnya seperti obeng (plus dan minus), tang, gelang anti-statis yang dapat mencegah terjadinya korslet (short circuit) pada komponen dan peralatan lainnya yang memang diperlukan.

d. Driver CD
Driver adalah salah satu hal yang jangan anda lupakan karena tanpa driver sebuah perangkat keras tidak dapat difungsikan. Oleh karenanya persiapkan driver dari masing-masing komponen agar proses perakitan bisa berjalan dengan lancar.

– Proses perakitan komputer
Setelah proses persiapan selesai, kini saatnya melakukan proses selanjutnya, yaitu proses perakitan komputer yang terbagi oleh tahap-tahap berikut:
1. Pasang Jumper Mainboard
2. Pasang Prosessor
3. Pasang Heatsink (Kipas Prosesor)
4. Pasang Memori
5. Pasang Mainboard pada Casing
6. Pasang VGA Card
7. Pasang Power Supply (Catu Daya)
8. Pasang Kabel-kabel Motherboard
9. Pasang ODD (Optical Device Drive) seperti DVD dan HDD (Harddisk Drive)
10. Finishing/Penyelesaian
11. Test PC

1. Pasang Jumper Mainboard
     Bacalah terlebih dahulu buku manual (Manual Guide Book) mainboard agar anda tau dimana jumper akan diletakkan. Jumper merupakan komponen kecil yang diletakkan pada mainboard sebagai pengatur CPU dan tegangan yang masuk ke dalam mainboard. Pengaturan jumper yang salah bisa berakibat rusaknya prosesor. Jadi berhati-hatilah saat memasang jumper ini dengan memastikan anda memasangnya dengan benar.

2. Pasang Prosesor.
     Pemasangan prosesor pada mainboard akan lebih mudah untuk dilakukan apabila mainboard belum terpasang pada casing. Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memasang prosesor yaitu, mentukan terlebih dahulu posisi 1 pin. Biasanya terdapat tanda pada prosesor pada setiap ujungnya (gambar 1.0), masukkan prosesor tersebut sesuai dengan arah pin, angkat tuas pengunci dalam posisi tegak dan terbuka kemudian pasang prosesor pada socket prosesor yang ada pada mainboard (gambar 1.1). Setelah prosesor terpasang pada mainboard, maka kembalikan tuas pengunci kearah bawah untuk menutup prosesor.

3. Pasang Heatsink (Kipas prosesor).
     Prosesor memiliki suhu yang panas pada saat komputer dalam kondisi menyala. Oleh karenanya diperlukan kipas untuk mengurangi hawa panasnya. Heatsink adalah kipas yang dipasang tepat diatas prosesor. Untuk memasangnya cukup mudah, hanya tinggal memasukkan kaki-kakinya saja kedalam mainboard dan dikencangkan. Heatsink dibekali sebuah konektor yang disambungkan pada mainboard sebagai dayanya.

4. Pasang Memori
     Umumnya memori yang digunakan pada saat ini adalah berjenis RAM (DDR2 dan DDR3). Nah, pastikan terlebih dahulu jika socket memori pada mainboard anda adalah tipe socket dengan jenis ini agar sesuai. Cara pasang memori cukup mudah, yaitu dengan menyesuaikan cekungan yang ada pada memori dengan slot pada mainboard.
 
5. Pasang Mainboard pada Casing
     Langkah selanjutnya adalah memasang mainboard pada casing. Cara memasang mainboard pada casing adalah dengan cara menentukan dudukan (mounting) mainboard pada casing. Jika dudukan telah dipasang, maka anda memerlukan beberapa perkakas seperti obeng untuk mengencangkannya sekrupnya. Atur letak posisi I/O dengan benar. Hati-hati dan pelan-pelan saat memasangnya supaya mainboard tidak rusak/patah.

6. Pasang VGA Card.
     Setelah mainboard terpasang pada casing, langkah selanjutnya adalah memasang VGA Card. Cara pasang VGA Card pada dasarnya hampir sama dengan cara memasang memori yaitu dengan menyesuaikan cekungan slot yang ada pada mainboard. Penempatan VGA Card pada mainboard bisa anda lihat pada tabel Mainboard Manual Diagram Instruction yang menunjukkan AGP Slot.
 
7. Pasang Power Supply (Catu Daya)
     Langkah selanjutnya adalah memasang power supply atau catu daya. Power supply terletak di bagian pojok atas di bagian belakang casing. Cara memasangnya cukup mudah, yaitu dengan menempatkannya pada tempat (bays) power supply yang sudah disediakan kemudian mengencangkan baut-bautnya dengan obeng. Jangan sampai goyang dan pastikan tidak dengan posisi terbalik (upside down).

8. Pasang Kabel-kabel Motherboard
     Sambungkan semua kabel-kabel yang tersedia pada power supply ke mainboard untuk memberikan daya. Atur sesuai gambar dibawah dan tinggalkan kabel untuk HDD dan ODD.

9. Pasang ODD (Optical Device Drive) seperti DVD dan HDD (Harddisk Drive)
     Setelah kabel-kabel power supply terpasang pada mainboard, langkah selanjutnya adalah memasang Hard Drive pada casing. Sesuaikan masing-masing hard drive sesuai dengan ruangan drive pada casing (bays). Biasanya untuk DVD diletakkan pada casing bagian paling atas depan, sedangkan HDD terdapat bays tersendiri. Buka penutup bays drive pada casing dan kemudian pasang dan kencangkan baut-bautnya. Jika hard drive telah terpasang sempurna, kemudian colokkan kabel dari power supply ke masing-masing hard drive (gambar diatas).
  
10. Finishing/Penyelesaian
     Nah, setelah semua kabel dan konektor telah tersambung, begitu pula dengan mainboard pada casing. Kini saatnya melakukan finishing dengan mengecek seluruh fungsi dari komponen-komponen yang telah dirakit menjadi sebuah komputer PC. Langkah-langkah pengecekan yang dapat anda lakukan adalah sebagai berikut:
a. Pasang penutup casing dengan sempurna menggunakan perkakas obeng.
b. Pasang kabel port VGA ke monitor dan colokkan kabel power monitor.
c. Colokkan kabel power CPU ke socket/saklar listrik dan nyalakan

11. Test PC
     Saat monitor dan PC dinyalakan, jika tak ada masalah, maka selanjutnya PC akan masuk pada mode POST dan anda tinggal melakukan pengaturan setting BIOS. Permasalahan yang sering terjadi adalah kesalahan pemasangan kabel, pemasangan komponen yang tidak pas dan lain sebagainya. Biasanya kesalahan tersebut akan langsung terdeteksi dan PC akan mengeluarkan tanda berupa bunyi beep dengan nada yang teratur. Periksa kembali pemasangan kabel dan cek posisi komponen-komponennya.
Jika unit sudah berjalan dengan normal, selanjutnya adalah setting BIOS dan instal Operating System. Jangan lupa juga untuk menyiapkan CD instalasi aplikasi dan driver dari komponen-komponen tersebut
Itulah sedikit pembahasan mengenai tutorial merakit komputer serta mengenal perangkat keras atau hardware PC. Untuk semakin mempermudah anda dalam merakit sebuah komputer, pada kesempatan kali ini admin juga menyertakan video tutorial cara perakitan komputer. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara memperbaiki MotherBoard,HardDisk,BIOS,CPU yang rusak

Cara Memperbaiki Masalah Pada MotherBoard

  • Gejala :
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.
  • Solusi :
Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.
Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi ada kalanya Mboard tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS

Cara mempebaiki Masalah Pada Hard Disk
  • Gejala :
Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu proses tidak berlanjut dan diam beberapa saat tidak langsung masuk ke operating system, dan kemudian di layar monitor ada pesan “harddisk error, harddisk Failur, setelah itu muncul pesan “press F1 to continou” setelah kita menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan “Operating system not found”.
  • Solusi :
Periksa kabel tegangan

Mengatasi Masalah Pada CD/DVD/ROM/RW
  • Gejala :
Jenis kerusakan yang biasa ditemui :
1. Tidak terdeteksi di windows
2. Tidak bisa keluar masuk CD
3. Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)
4. Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk)
  • Solusi :
1) Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
2) Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor.
3) Kerusakan Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut.
4) Head Kotor, bisa dibersihkan menggunakan Cutenbud

Cara memperbaiki Masalah BIOS
  • Gejala :
Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
  • Solusi :
Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.
  • Gejala :
CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.

  • Solusi :
Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya.Silahkan anda periksa masalah tersebut.
Pesan kesalahan BIOS
Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.
-> AMI BIOS
     Beep 1x :
     RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 6x : Kesalahan Gate A20 – Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri, Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak, Beep 11x : Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.

-> AWARD BIOS
     Beep 1x Panjang :
     RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk), Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.

Cara memperbaiki Batrey CMOS Rusak / Lemah

  • Gejala :
Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.
  • Solusi :
Segera Ganti Batrey nya

Masalah System CPU
  • Gejala :
CPU yang sering Hang???
  • Solusi :
Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil…..sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal, silahkan hub: kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut
  • Gejala :
Komputer sering tampil blue screen apa penyebabnya?
  • Solusi :
Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak, Bisa dari Memory, Bisa dari hardisk, bisa dari komponen lainnya, tergantung pesan blue screen yang ditampilkan.
  • Gejala :
Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya, padahal awalnya tidak begitu lambat
  • Solusi :
Penyebab komputer anda prosesnya lambat ada beberapa faktor yaitu : Space hardisk terlalu penuh, terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory, ada virus, harddisk badsector.

File Hilang
     File hilang, partisi hancur, atau sistem rusak? Tak perlu risau. CHIP melemparkan ban penyelamat untuk data Anda yang berharga. Tak soal apakah pada hard disk, DVD, atau memory-card. Semua dapat dikembalikan.
Ketika ada orang jatuh dari kapal ke laut, ban penyelamat perlu secepatnya dilemparkan. Bila ada data hilang dari PC Anda, secepatnya gunakan CHIP-DVD. Tak jadi soal apakah itu foto Anda yang tersimpan di SD-card, dokumen di hard disk, atau data pada DVD yang rusak. Tool dari CHIP dapat merekonstruksi semua yang tampak hilang (tetapi belum tertimpa).
Untuk setiap kasus CHIP memberikan sebuah workshop. Bila aksi penyelamatan sederhana gagal, ada tip-tip selanjutnya. Pengguna berpengalaman yang tidak membutuhkan tampilan program dapat merestorasi partisi yang terhapus melalui baris perintah. Selain itu, CHIP juga telah mengemas program-program kecil yang pintar untuk mencegah hilangnya data. Tool-tool ini akan menyimpan file-file penting untuk menyelamatkan data Anda bahkan, sebagian dilakukan secara otomatis

Memperbaiki / service komputer rusak mati dan tidak tampil
Cara memperbaiki / service komputer yang kita bahas kali ini adalah kerusakan jika komputer rusak  mati total ( I ), dan  tidak tampil gambar ( II ).  Disini yang dimaksud komputer adalah CPU-nya.

I. Komputer mati total, jika tanda-tanda kerusakan pada  CPU adalah sbb:
a.  Jika di-start / ditekan tombol power, lampu power cpu  tidak menyala
b. Fan / kipas power supply ( dibagian belakang casing cpu ) dan kipas processor tidak berputar sama sekali
 Cara memperbaiki kerusakan di atas :

  1. Ganti / tukar kabel power. Kabel power bisa saja rusak ( putus di dalamnya), apalagi kabel yang beredar di pasaran saat ini tipis, lemas dan kecil. Sebaiknya gunakan kabel power yang bagus, kaku, kuat dan lebih besar.
  2. Power Supply / PSU rusak.
II. Komputer tidak tampil gambar / blank, gejala kerusakannya sbb:
1.  Lampu power pada CPU menyala, dan kipas berputar tapi tidak tampil gambar pada layar monitor
2.  Ada bunyi ( beep / alarm / buzzer) berulang-ulang dan tidak tampil gambar
3.  Lampu dan kipas menyala tapi hanya sebentar saja, lalu mati

Cara memperbaiki kerusakan di atas :

  1. Sebelumnya pastikan dulu apakah benar yang mengalami kerusakan adalah cpu-nya, bukan monitornya, dengan cara ditest menggunakan monitor lain yang bagus
  2. Ganti memory card
  3. Jika memungkinkan test menggunakan vga card yang lain
  4. Ganti power supply karena bisa saja kemungkinan power supply tidak mampu mengangkat beban
  5. Kemungkinan terakhir adalah motherboard rusak, jika langkah – langkah di atas tidak berhasil
Cara memperbaiki CPU yang Rusak

     Artikel Bermanfaat membahas tentang Cara Mudah memperbaiki CPU yang Rusak – Jika PC sering kali menunjukan adanya peng-alamatan yang rumit, atau menampilkan suatu pesan error, mengeluarkan bunyi beep yang terus menerus secara beraturan atau tidak beraturan, PC tersebut kemungkinan besar sedang dalam masalah, saya akan memberikan Tips dan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan PC Anda dapat berfungsi kembali seperti sedia kala. Masalah atau kerusakan yang timbul biasanya dikategorikan dalam 2 jenis kerusakan yaitu: Masalah atau kerusakan Hardware dan Software


Jenis Kerusakan Dapat dikategorikan menjadi 2 kategori, yaitu:
1. Kerusakan Pada Hardware (Perangkat Keras)
2. Kerusakan Pada Software (Perangkat Lunak)

1. Kerusakan pada Hardware
Masalah dengan komponen Hardware perlu penanganan yang serius karena sulit dilokalisir dan disingkirkan tanpa tools yang tepat, keahlian dan pengalaman yang menunjang. Penjelasan akan berkisar pada masalah yang sering terjadi disertai dengan cara mengatasinya.

Kerusakan Pada Power Supply

  • Gejala:
Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala.
  • Solusi:
Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa juga apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On, Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon untuk meyakinkan silahkan anda ganti kabel power dengan yang anda yakini bagus. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk, kerusakan ada pada kabel power.
  • Masalah:
Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor menyala.
  • Solusi:
Lakukan seperti langkah diatas, tetapi jika masih belum ada respon berati masalah ada pada Power Supply, Silahkan anda ganti PS nya, Saya sarankan sebaiknya anda ganti saja Power Supply yang rusak dengan yang baru, dan hati-hatilah dalam pemasangannya.
Catatan: Jika kerusakan hanya pada Power Supply saja, Setelah anda menggantinya, komputer akan kembali bekerja dengan normal. Kecuali jika ada masalah pada komponen yang lainnya seperti Mother Board, VGA Card dan Memory.

Kerusakan Pada Mother Board

  • Gejala:
Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.

  • Solusi:
Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.
Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi ada kalanya Mother board tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS

  • Gejala:
Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu proses tidak berlanjut dan diam beberapa saat tidak langsung masuk ke operating system, dan kemudian di layar monitor ada pesan “harddisk error, harddisk Failur, setelah itu muncul pesan “press F1 to continou” setelah kita menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan “Operating system not found”.

Kerusakan Pada Harddisk
  • Solusi:
Periksa kabel tegangan dan kabel data yang masuk ke harddisk apakah longgar, sebaiknya dikencangkan, kemudian nyalakan dan coba anda dengarkan apakah suara yang keluar dari harddisk normal, jika tidak normal berati harddisk rusak di controllernya.
  • Gejala:
Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu muncul pesan “Operating system not found”.
  • Solusi:
Ada kemungkinan Operating system rusak, bisa diatasi dengan install ualng atau jika OS anda menggunakan windows 2000/XP ada Fasilitas Repairnya. atau ada kemungkinan juga harddisk anda tidak terdeteksi dan lakukan langkah diatas
  • Gejala:
harddisk bad sector?
  • Solusi:
Ada beberapa faktor penyebab terjadi bad sector diantaranya, tegangan listrik tidak stabil, sering terjadi putusnya aliran listrik secara mendadak, setelah pemakaina tidak di shot down, pemakaian yang terlalu lama, ada 2 jenis bad sector yaitu fisik dan software…..Untuk mengatasinya ada beberapa cara, diantaranya menggunakan software untuk menghilangkan badsector….pembahan lebih lanjut ada di eBook Metode perbaikan komputer dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi Member Aktif.

Kerusakan CD/DVD/ROM/RW & Floppy Disk
  • Gejala:
Jenis kerusakan yang biasa ditemui:
1. Tidak terdeteksi di windows
2. Tidak bisa keluar masuk CD
3. Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)
4. Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk)

  • Solusi:
1. Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
2. Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor.
3. Kerusakan Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut.
4. Head Kotor, bisa dibersihkan menggunakan Cutenbud (langkah-langkah diatas secara lengkap dapat anda temukan di e-book “Metode perbaikan komputer cepat dan akurat” dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi member perbaikankomputer.com

Masalah BIOS
  • Gejala:
Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.
  • Solusi:
Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.
  • Gejala:
CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.
  • Solusi:
Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya. Silahkan anda periksa masalah tersebut.


Berikut Pesan kesalahan BIOS:
     Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.
[AMI BIOS]
Beep 1x : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 6x : Kesalahan Gate A20 – Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri, Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak, Beep 11x : Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.
[AWARD BIOS]
Beep 1x Panjang : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk), Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.

Batrey CMOS Rusak / Lemah
  • Gejala : 
Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey     lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.
  • Solusi : 
Segera Ganti Batrey nya
  • Gejala : 
CPU yang sering Hang?
  • Solusi : 
Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSect
or di Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil…..sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal, silahkan hub: kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut
  • Gejala: 
Komputer sering tampil blue screen apa penyebabnya?
  • Solusi: 
Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak, Bisa dari Memory, Bisa dari hardisk, bisa dari komponen lainnya, tergantung pesan blue screen yang ditampilkan.
  • Gejala: 
Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya, padahal awalnya tidak begitu lambat
  • Solusi: 
Penyebab komputer anda prosesnya lambat ada beberapa faktor yaitu : Space hardisk terlalu penuh, terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory, ada virus, harddisk badsector.

Cara memperbaiki memory RAM yang rusak atau mati
     Pernahkah anda mengalami Komputer anda yang tiba- tiba ngehang / crash pada saat bekerja di komputer? pernahkah anda mengalami komputer yang tiba-tiba mengeluarkan bunyi “beb” panjang ato pendek berkali-kali pada saat pertama kali menekan power Komputer ? Pada saat booting windows tiba-tiba komputer anda mengalami blank-screen atau yang biasa disebut BSOD? atau komputer anda tiba-tiba sering restart sendiri ? Secara umumnya itu semua merupakan ciri-ciri dari memory ram yang bermasalah. Permasalahan komputer anda kali ini terletak pada memory ram. Masih banyak lagi tanda-tanda yang disebabkan karena memory ram dikatakan rusak/ wajib ganti dengan baru,ataupun karena pemasangan memory ram yang tidak pas meletakkan di dudukannya.
Trus cara memperbaiki atau merawat Memory RAM itu sendiri bagaimana agar kita nyaman dalam bekerja menggunakan komputer??
Sebelumnya anda harus tahu sedikitnya penjelasan tentang apa itu RAM, ROM, dan juga fungsinya,  baca postingan yang kamaren tentang pengenalan ram, rom dan fungsinya :p
Banyak cara yang dilakukan untuk memperbaiki memory ram baik yang rusak komponennya ataupun yang dikatakan sudah rusak (tidak rusak secara fisik / patah). Berikut saya sediakan beberapa cara ringan yang dapat dilakukan user /pengguna komputer tanpa harus memliki keahlian khusus.

Tips Cara memperbaiki Memory Ram:
Cara pertama:
Alat dan bahan
ü  -Avometer dan tentunya memory ram yang sudah rusak dalam hal ini dianggap mati.
ü  -Selembar Kain (terserah kain apa aja asal jgan kain baju anda :p)
ü  -Penghapus pensil

Kalo sudah tersedia semua baru kita lakukan:
1. Copot / lepas memory ram dari slot dudukannya
2. Gosok pin-pin kaki memory ram yang berwarna kuning tersebut dengan penghapus pensil kemudian bersihkan dengan kain. Tujuannya agar pin-pin tersebut bebas dari debu,dan juga akan memancing ion-ion pada pin memory jadi tersimulasi dan sehingga konduktornya akan lebih aktif.
3. Jika sudah, arahkan avometer pada Ohm (skla pengukur hambatan).posisinya bebas 1k,10k,100k
4. Ambil jarum negatif (-) avometer lalu tempelkan pada satu pin memory,bebas pin yang mana aja (salah satu),kemudian arahkan/ gesekkan jarum positif (+) pada kumpulan-kumpulan kaki Chipset/IC memory ram tersebut.Gesekkan ke semua kaki-kaki IC yang ada pada memory tersebut.
5. Setelah semua selesai,baru anda pasang kembali ke slot dudukannya.NB: (pemasangan pada slot dudukan memory harus tepat dan pas).
keterangan :
Pada tips ini kita memanfaatkan aliran arus listrik dari baterai avometer yang dialirkan ke sirkuit chipset/IC memory. Prinsip kerjanya sama dengan kita melakukan reset Cmos Mainboard yang mengalami crash dan tidak mau hidup karena gangguan perjalanan arus listrik.

Cara kedua agak extrims,dan resikonya memory ram akan matot (mati total):
Alat dan bahan
ü  -Anda siapkan Tiner B, (g usah banyak-banyak sebotol minyak kayu putih aja)
ü  -Siapkan juga Blower HP, jika tidak ada anda bisa menggunakan pengering rambut.Tp jika menggunakan pengering rambut hasilnya tidak akan maksimal
ü  -Kuas

Caranya:
1. Copot / lepaskan memory ram dari dudukannya
2. Sirami komponen-komponen memory ram dengan Tiner-B dan kemudian bersihkan dengan kuas sampe benar-benar terlihat bersih.
3. Keringkan memory ram menggunakan blower atau pengering rambut sampe benar-benar kering dari tiner.
4. Setelah kering baru pasang kembali kedudukannya seperti semula.

  • NB: Tips ini sudah dibuktikan oleh saya, Tingkat keberhasilan 75% yang artinya dari 10 keping memory ram,7 diantaranya dapat digunakan kembali,dan sisanya tidak dapat digunakan lagi.:D
  • Sebelum anda mempraktekkan cara yg kedua, sebaiknya anda pahami resikonya terlebih dahulu.

Cara Memperbaiki Hardisk Rusak Bad Sector Dan Bunyi Bep  
     Pernahkah anda mendengar bunyi Bep saat menggunakan perangkat komputer ataupun laptop, kalau pernah tahukah apa artinya dari bunyi tersebut? Sebagian orang, kala mendengarkan bunyi tersebut sering kali menghiraukan begitu saja. Padahal, bunyi Bep sendiri menandakan kalau komputer anda sedang dalam keadaan kurang baik.
Untuk mengetahui apa yang rusak pada komputer kita kala ada bunyi bep, dapat dilakukan dengan mendengarkan berapa kali ada bunyi beb. Cara memperbaiki hardisk yang utama ialah diagnosis permasalah pada hardisk itu sendiri.
Pada kesempatan kali ini, kami akan share tentang cara mengatasi bunyi bep yang menandakan kerusakan pada hardisk. Lebih tepatnya kerusakan bad sector hardisk, dimana permasalahan ini merupakan yang sering terjadi dan ditandai dengan adanya bunyi bep lebih dari satu kali. Untuk mengatasi bunyi bep tersebut, tentunya kita harus memeprbaiki hardisk yang rusak. Caranya, silakan simak langkah – langkah berikut ini :

Perhatian :
Cara berikut hanya berlaku untuk hardisk yang masih terbaca oleh komputer, tetapi tidak bisa di isi data apapun. Karena untuk kerusakan yang lebih parah sangat sulit untuk memperbaikinya, disamping itu juga harus membongkar hardisk untuk mengecek keadaan fisiknya.
1 . Klik kanan pada drive hardisk, misalnya drive “D” atau “E”
2. Setelah klik kanan, pilih format.
3. Selanjutnya pilih start, tunggu sampai proses selesai.
4. Silakan coba simpan data pada drive yang baru saja di format, maka hardisk anda sudah tidak rusak lagi dan bunyi bep akan hilang dengan sendirinya.

Cara Memperbaiki Power Supply Unit (PSU) Komputer
     Apakah anda punya power supply unit (PSU) komputer yang sudah tidak bisa hidup ?
Jika ada , dan anda punya waktu senggang , cobalah memberanikan diri untk memperbaikinya. Jangan takut kalau nanti tambah rusak , karena PSU nya memang sudah rusak
PSU komputer adalah power supply dengan sistem switching. Pada power supply switching, kebanyakan yang rusak adalah komponen yang berada pada bagian primer.
Okelah kalo begitu , langsung saja anda siapkan peralatan yang diperlukan.
Peralatan yang anda perlukan tidaklah banyak , anda hanya perlu menyediakan solder, timah, obeng + , avometer , dan penyedot timah.
Di sini saya akan mengambil contoh PSU merk OKAYA

Kalau sudah siap, langsung saja buka tutup PSU nya.
Lepaskan papan rangkaian (PCB) dari casing.
Komponen yang perlu diselidiki adalah :

1. Sekering (fuse)

Cek sekring dengan avometer, jika sekring putus , silakan ganti sekring dengan sekring baru yang sama nilainya dengan sekring yang lama.
Silakan hubungkan PSU anda ke listrik PLN , jika sekring putus lagi , berarti transistor regulatornya jebol/short. Lepaskan steker dari stop kontak/terminal/apalah namanya

  1. Dioda penyearah , ada 4 buah.

Lepas dioda, cek dengan avometer. Dioda hanya mengalirkan arus listrik pada satu arah saja, ukur dioda bolak balik , jika tembus , silakan ganti dengan dioda yang sama !
3. Elco 330uF/200V, ada 2 buah

Elco ini bentuk fisiknya lebih besar dari elco yang lain. Jika elco kembung, silakan ganti dengan elco yang baru.
4. Transistor regulator. ada 3 buah , terdiri dari 1 buah transistor DFF2N60 , dan 2 buah transistor 13007
. Transistor ini dipasang pada aluminium dan transistor ini berada dekat elco besar.
Lepas transistor dari papan rangkaian (PCB), cek dengan avometer , jika kaki emitor dan kolektor tersambung , berarti transistor jebol , silakan ganti transistornya dengan yang baru dan harus sama dengan yang lama.
Jika transistor regulator jebol , periksa juga komponen yang berada di dekat transistor regulator tersebut. Karena biasanya komponen yang berada di jalur transistor regulator akan ikut²an jebol/putus/nilainya berubah.
Komponen yang suka ikut²an itu adalah dioda dan resistor.
Jika ada yang jebol/putus/nilainya berubah , silakan ganti dengan komponen yang masih bagus.
5. Dioda penyearah pada bagian sekunder . Dioda ini ada 3 buah , dan bentuk dioda ini mirip transistor regulator, dan dioda ini juga menggunakan aluminium untuk membuang panas. Cek dioda ini , jika putus/jebol , silakan ganti diodanya dengan yang baru.
Juga cek 1 buah dioda SR360
6. IC B0813

ic ini berada antara 2 buah trafo kecil.
Jika anda yakin PSU anda sudah baik, silakan hubungkan ke stop kontak !
Ukur tgangan pada kabel warna ungu terhadap Ground (kabel warna hitam), ukur dengan menggunakan avometer , jika ada tegangan 5 volt yang terbaca pada avometer , berarti sudah ada titik terang PSU anda akan hidup lagi
Perhatikan kipasnya , apakah kipasnya berputar ?
Pasti kipasnya tidak berputar kan ?
Jika kipasnya tidak berputar hal yang perlu anda lakukan hanyalah sejengkal kabel.
Pada soket/slot/jack yang ke motherboard,

hubungkan kabel yang berwarna hitam ke kabel yang berwarna hijau. Hubungkan dengan menggunakan kabel sejengkal yang anda punya. Jika PSU anda normal , pasti kipasnya langsung berputar.
Dan jika kipasnya berputar , maka semua tegangan dipastikan sudah ada , dan untuk memastikannya , silakan ukur tegangan pada ujung² konektor/jack/apapun namanya dengan menggunakan avometer.
Hubungkan kabel avometer yg warna hitam ke salah satu kabel warna hitam dari PSU, kemudian hubungkan kabel warna merah Avometer ke setiap kabel yang berwarna selain warna hitam, hijau, dan abu-abu

Komponen-komponen Komputer Serta Pengertiannya

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung.Dalam bahasa Inggris disebut to compute. Secara definisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data(input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) serta terkoordinasi dibawah kontrol program yang tersimpan di memorinya. Jadi cara kerja komputer dapat kita gambarkan sebagai berikut:

1.Input Device  Adalah perangkat-perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer, seperti keyboard, mouse, joystick dan lain-lain.
2. Prosesor
Adalah perangkat utama komputer yang mengelola seluruh aktifitas komputer itu sendiri. Prosesor terdiri dari dua bagian utama, yaitu;
– Control Unit (CU)
Merupakan komponen utama prosesor yang mengontrol semuaperangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai output device.
– Arithmetic Logic Unit (ALU)
Merupakan bagian dari prosesor yang khusus mengolah data aritmatika (menambah, mengurang dll) serta data logika (perbandingan).
3.  Memori
Adalah media penyimpan data pada komputer. Memori terbagi atas dua macam, yaitu:

a.  Read Only Memory (ROM),
yaitu memori yang hanya bisa dibaca saja, tidak dapat dirubah dan dihapus dan sudah diisi oleh pabrik pembuat komputer. Isi ROM diperlukan pada saat komputer dihidupkan. Perintah yang ada pada ROM sebagian akan dipindahkan ke RAM.
Perintah yang ada di ROM antara lain adalah perintah untuk membaca sistem operasi dari disk, perintah untuk mencek semua peralatan yang ada di unit sistem dan perintah untuk menampilkan pesan di layar. Isi ROM tidak akan hilang meskipun tidak ada aliran listrik. Tapi pada saat sekarang ini ROM telah mengalami perkembangan dan banyak macamnya, diantaranya :
– PROM (Programable ROM)
yaitu ROM yang bisa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu kali perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.

– RPROM (Re-Programable ROM),
Merupakan perkembangan dari versiPROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulangkali sesuai denganyang diinginkan.
– EPROM (Erasable Program ROM)
Merupakan ROM yangdapat kita hapusdan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan menggunakan sinar ultraviolet.
– EEPROM (Electrically Erasable Program ROM),
Perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubahdan menghapus program ROM.
dengan menggunakan teknikelektrik. EEPROM ini merupakan jenis yang paling banyak digunakan saat ini.
b.  Random Access Memori (RAM)
Dari namanya kita dapat artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat diakses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on) jika komputer kita matikan, maka seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Tujuan dari RAM ini adalah mempercepat pemroses data pada komputer. Agar data yang kita buat tidak dapat hilang pada saat komputer dimatikan, maka diperlukan media penyimpanan eksternal, seperti Disket, Harddisk, flash disk, PCMCIA card dan lain-lain.

4.  Output Device
Adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, apakah itu ke kertas (hardcopy), ke layar monitor (softcopy) atau keluaran berupa suara. Contohnya: printer, speaker, plotter, monitor dan banyak yang lainnya.Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer tersebut diawali memasukkan data dari perangkat input, lalu data tersebut diolah sedemikian rupa oleh CPU sesuai yang kita inginkan dan data yang telah diolah tadi disimpan dalam memori komputer atau disk. Data yang disimpan dapat kita lihat hasilnya melalui perangkat keluaran.

Komponen-Komponen Komputer

Komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu ;
1. Hardware (perangkat keras),
Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapatkita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari:

ü  Input/Output Device (I/O Device), Terdiri dari perangkat masukan dan keluaran,seperti keyboard dan printer.
ü  Storage Device (perangkat penyimpanan),   Merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
ü  Monitor /Screen Monitor,   merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kitaketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor. Monitor disebut juga denganVisual Display Unit (VDU).
ü  Casing Unit, adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
ü  Central Procesing Unit (CPU), adalah salah satu bagian komputer yang paling penting,karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis prosesornya.Semakincanggih prosesor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanyaharganya akan semakin mahal.

2. Software (perangkat lunak),
Merupakan program-program komputer yang bergunauntuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Programtersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Softwareterdiri dari beberapa jenis, yaitu;
ü  Sistem Operasi – seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows,  Adalah software yangberfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehinggamasing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputertak dapat difungsikan sama sekali.
ü  Program Utility – seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.Program utility berfungsiuntuk membantu atau mengisikekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PCTools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampumemberikan keterang dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yangtelah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal inidapat dilakukan.
ü  Program Aplikasi – seperti GL, MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khususmelakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Makaprogram ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan olehdepartemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmerkomputer sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan gunakeperluan interennya.
ü  Program Paket – seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia studio, open officedll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyakorang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-office, dapat digunakan oleh departemenkeuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat suratpenawaran dan lain sebagainya.
ü  Bahasa Pemrograman – PHP, ASP, dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa

v  pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu:  

  • Low Level Language – Merupakan bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
  • Midle Level Language – Merupakan bahasa pemrograman tingkat menengahdimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakansingkatansingakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) danMOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
  • High Level Language – Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC,dBase, Visual Basic,VB.Net dan lain-lain.
3.  Brainware (User),
User adalah personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasiyang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebutdengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP

Cara memperbaiki UPS komputer mati total

BERAPA LAMA SAYA BISA MENGOPERASIKAN UPS ?
UPS sebagai pengaman perangkat elektronik ketika terjadi mati listrik (PLN) sering diaplikasikan untuk PC laptop, meski sebenarnya piranti ini juga bisa mengamankan piranti elektronik lainnya , seperti mesin fax, telphone, bahkan TV, Kulkas, dsb.
Prinsipnya UPS hanya berfungsi agar sumber tegangan listrik PLN mati mendadak, maka kita masih memiliki kesempatan untuk menggunakan perangkat elektronik tersebut sementara.
Beberapa UPS memiliki kekuatan daya pemakaian bervariasi. Yang saya gunakan ini memiliki kekuatan pemakaian sampai 20 jam jika piranti yang dihubungkan berdaya 60 Watt. Secara matematis , jika powersupply membutuhkan daya 450 Watt maka, otomatis UPS jika dalam performa normal hanya mampu beroperasi sekitar 2 jam -an saja.
KENAPA UPS TIBA-TIBA MATI TOTAL ?
Sebelum mati total, UPS biasanya menunjukkan gejala-gejala aneh, misalnya ;
1. Ketika sumber tegangan listrik PLN mati mendadak, UPS ikut mati.
Umumnya , ketika listrik PLN mati, UPS tetap menyala, dan mengeluarkan bunyi beep berulang-ulang. Indikator LED akan berpindah dari “Normal” menjadi “Battery”, yang artinya sumber tegangan listrik saat ini adalah dari yang disimpan oleh UPS.
2. Ketika UPS dalam kondisi mati, kemudian akan dipakai ( dinyalakan ), lampu LED tidak mau menuju “Normal”, berhenti di “Battery” , lalu berpindah ke LED “Unusual”. Meski setelah dicoba berulang-ulang akhirnya mau “Normal” juga dan bisa dioperasikan.
3. Pada saatnya, UPS tidak mau dinyalakan sama sekali, hanya berhenti di LED “Battery” , bunyi beep lama terjadi berulang ulang hingga akhirnya mati. Biasanya kita lalu charging UPS tersebut ke stop kontak dan membiarkannya begitu lama. Namun biasanya yang terjadi adalah UPS malah menjadi mati total, dan tidak mau dinyalakan sama sekali.
APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN ?
Ini adalah contoh UPS yang saya gunakan untuk kepentingan mengoperasikan 1 unit PC.

UPS ini mengalami trouble seperti yang sedang kita bicarakan. ketika power ditekan untuk menghidupkan, UPS tidak menunjukkan reaksi apapun.

Pada gambar diatas, seharusnya ketika UPS saya tekan tombol power (nyalakan), maka akan bereaksi signal LED secara berurutan mulai dari “Battery” lalu naik menuju ke “Normal”.
Untuk memastikan apa penyebab dari kerusakan ini,maka kita cek terlebih dahulu Fuse ( sekering / pengaman / pemutus arus) dari UPS yang terletak di bagian belakang desain body UPS.

Jika tembaga FUSE tidak putus, maka dipastikan , penyebabnya pasti yang berhubungan dengan circuit board ataupun piranti penyimpan arusnya.

PILIH CARA TERMUDAH TERLEBIH DAHULU KETIKA MEMPERBAIKI KERUSAKAN
Prinsip dasar dari rangkaian UPS adalah rangkaian converter, rechargeable battery dan inverter. Arus listrik AC dari PLN perlu diubah menjadi arus searah (DC) agar dapat disimpan didalam battery ( penyimpan listrik), lalu diubah kembali oleh battery menjadi arus bolak balik ( AC) 220V agar dapat mensuplay tegangan piranti elektronik yang menggunakan arus AC. Untuk piranti elektronik yang menggunakan arus DC, produsen UPS sudah menyediakan slot khusus.
Jika UPS mati total, maka kemungkinan termudah adalah tidak adanya atau lemahnya tegangan yang mensupply sistem rangkaian elektroniknya, sehingga ketika tombol power dinyalakan, tidak ada reaksi apapun. Maka hal ini bisa terjadi karena battery-nya sudah tidak berfungsi dengan baik ( drop / soak / mati total   *** sesuai dengan gejala awal yang sudah disebutkan di point diatas).
Namun sebelum berkeputusan menggantinya battery lama dengan battery baru maka perlu dilakukan test battery dengan multitester untuk mengetahui kondisi battery.

MELEPAS BATTERY CHARGER UPS

UPS yang sama gunakan pada posting ini adalah PrimaTech. Untuk membongkar chassingnya cukup mudah, hanya dengan membuka 3 baut “+” kecil yang ada di bagian bawah dan belakang desain body.
Setelah ketiga baut terlepas maka, tarik chasing perlahan dari depan ke belakang , ikuti alurnya, dan jangan dipaksakan, cermati dengan teliti. Jika ada ganjalan maka cermati apa yang mengganjalnya,. Namun untuk UPS merk yang saya gunakan cukup simpel. Cukup ditarik ke belakang saja, maka chasing terlepas.

Cara Memperbaiki Motherboard Rusak

Seperti yang kita ketahui, komputer terdiri dari banyak sekali perangkat keras. Mulai dari layar atau monitor, sampai dengan CPU. Khusus pada CPU yang berbentuk kotak memanjang, terdapatlagi beberapa piranti keras didalamnya seperi Hardisk. Selain itu terdapat pula Motherboard, yang mana perangkat ini merupakan komponen paling penting pada sebuah komputer. Pasalnya hampir semua aktivitas yang dilakukan pada komputer, diperintahkan oleh Motherboard untuk diteruskan ke perangkat lainnya.
Dengan kata lain, motherboard bisa disebut sebagai otak kedua komputer setelah CPU. Motherboard sendiri jarang sekali rusak, namun bukan berarti tidak bisa rusak. Peneyebab Motherboard sulit untuk rusak karena pada bagian dalam CPU terdapat kipas yang selalu mendinginkan Motherboard, jika tidak begitu pastinya Motherboard mudah sekali untuk mengalami kerusakan. Sayangnya, meski letaknya jauh di bagian dalam CPU, tetap saja Motherboard akan mengalami kerusakan.

Kerusakan yang di alami CPU bisa berupa salah satu komponennya yang tidak bekerja lagi, penyebabnya bisa dari kesalahan pengguna atau komputer terlalu lama digunakan sehingga membakar motherboard. Untuk memperbaiki Motherboard yang  rusak, berikut ini telah kami sedikan salah satu tips yang dapat anda gunakan. Pelu di ingat, cara ini hanya untuk memperbaiki Motherboard dengan kerusakan ringan.
1. Lepaskan Motherboard dari CPU
2. Periksa Motherboard untuk mengetahui apakah ada komponen yang sudah tidak berfungsi, atau ada komponen yang lepas dari empatnya.
3. Jika keadaan Motherboard baik – baik saja, silakan lihat kebersihan Motherboard. Karena kotoran juga mampu menghambat kinerja dari Motherboard.
4. Bila ternyata baynak kotoran yang menempel pada Motherboard, silakan tibggal dibersihkan saja.
5. jika bernar Motherboard komputer anda rusak karena kotoran yang menempel pada salah satu komponen motherboard, maka sete;ah dibersihkan kinerja dari Motherbooard komputer anda akan normal kembali.

Sumber dari:
 https://suhaebiebi40.wordpress.com/about/cara-merakit-pc-personal-computer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar